Panduan Strategi Marketing Media Sosial 2021

Home blogPanduan Strategi Marketing Media Sosial 2021

Panduan Strategi Marketing Media Sosial 2021

Di era digital saat ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan social media marketing. Di mana para pengusaha menggunakan media sosial untuk memasarkan produk mereka, dan hal ini dinilai sangat efektif. Sayangnya, masih ada saja pengusaha yang belum menggunakan strategi marketing media sosial yang tepat.

Strategi yang kurang tepat membuat pengusaha sulit meningkatkan nilai penjualan. Ini tentu akan berimbas pada keuntungan. Lalu, bagaimana strategi media sosial yang tepat? Apalagi sekarang ini sudah berada di akhir tahun, tentunya pengusaha harus menemukan strategi marketing media sosial yang jitu untuk digunakan pada tahun 2021.

Kamu ingin tahu bagaimana menentukan strategi marketing media sosial untuk tahun 2021? Yuk ikuti saja panduannya di bawah ini.

6 Panduan Strategi Marketing Media Sosial 2021

      1. Tentukan Buyer Persona

Langkah awal dalam melakukan marketing melalui media sosial adalah kamu harus menentukan buyer persona. Buyer persona adalah karakter atau orang yang  muncul dalam pikiran yang nantinya menjadi pembeli produk kamu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengelompokkan orang yang sekiranya akan menjadi pembeli.

Dengan kamu menentukan persona buyer, kamu akan lebih mudah menentukan fokus produk yang akan kamu promosikan. Kemudian, kamu juga akan lebih mudah menentukan konten dan platform media sosial yang akan kamu gunakan.

      2. Tentukan Platform Media Sosial

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika buyer persona bisa memudahkan kamu dalam menentukan platform media sosial yang tepat. Hal ini karena kamu sudah melakukan riset tentang persona buyer, termasuk media sosial yang mereka gunakan. Dengan demikian, kamu pasti sudah tahu platform media sosial yang akan kamu gunakan.

Kamu bisa membuat beberapa akun media sosial yang banyak digunakan oleh personal buyer kamu. Sehingga, target penjualan produk yang kamu rencanakan akan tercapai dengan mudah.

      3. Buatlah Konten Menarik

Buatlah konten menarik agar pengikut media sosial kamu menjadi penasaran tentang produk yang kamu promosikan. Kamu bisa memulainya dengan menentukan jenis konten. Apakah konten tersebut dalam bentuk video atau gambar. Setelah itu, buatlah konten yang layak dan sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. 

      4. Post Konten di Waktu yang Tepat

Setelah membuat konten menarik, jangan terburu untuk langsung mempostingnya. Postinglah konten di jam – jam yang memang banyak pengikutmu sedang online. Kamu bisa mempostingnya di jam 7- 8 pagi, jam 12 siang, serta jam 7-9 malam. Ini karena pada jam tersebut biasanya orang –orang tidak disibukkan dengan pekerjaan.

      5. Gunakan Iklan

Langkah selanjutnya, kamu bisa menggunakan iklan untuk menjangkau pembeli lebih luas. Di sini kamu bisa menggunakan iklan pada sosial media. Di mana iklan sosial media sangat cocok digunakan jika kamu ingin meningkatkan awareness produk yang kamu tawarkan serta meningkatkan jumlah penjualan produk.

      6. Lakukan Analisis Akun Media Sosialmu

Selanjutnya, lakukan analisis pada akun media media sosialmu. Ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui apakah strategi yang digunakan berhasil atau tidak. Di mana kamu bisa melakukan analisis dengan meninjau dan mengelola metrik akun media sosial kamu. Namun, pastikan akun kamu sudah dialihkan menjadi akun bisnis.

Itulah informasi tentang panduan marketing media sosial yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan awareness dan penjualan produk.